Teka-Teki

Teka-teki adalah permainan tebak-tebakan yang kita kenal sejak kecil. Kebanyakan tujuan dari teka-teki adalah untuk humor, atau bahasa gaulnya: nge-garing, dll (bagi yang belum tahu garing artinya: lucu tapi ngga bikin ketawa).

Sekalipun garing dan terkadang tidak logis, namun ada satu hal yang menarik dari teka-teki (dan menurut saya, di sinilah terletak lucu nya teka-teki): membuat lawan bicara berpikir kepada satu tema/konsep, padahal jawaban teka-tekinya jauh dari tema yang dia pikirkan.

Ini beberapa contoh teka-teki yang ditanyakan oleh sahabat saya, gunyuugunyuu (percakapan telah disensor dan diedit agar bisa dimengerti pembaca):

Gunyuugunyuu: Kenapa dinamakan nasi goreng?

Saya:

  • Karena digoreng?
  • Karena rasanya garing?
  • Karena penemunya bernama “Nasi Goreng”?

Gunyuugunyuu: Salah!!! Jawabannya adalah: Karena Dina Lapar, oleh karena itu Dina makan Nasi Goreng!

Nah, di situlah yang saya maksud pikiran saya jadi jauh berbeda dari tema jawabannya.

  • Saya berpikir jawabannya menggunakan tema logika sederhana, etimologi istilah, historikal.
  • Sedangkan jawabannya hanyalah mempermainkan kata “dinamakan”.

Coba teman-teman sebutkan teka-teki lain yang bisa mengocok pikiran lawan bicara? 😛

Iklan

2 comments so far

  1. sejenaksaja on

    uhuahuahau..bener juga ya,

    tar , aku pikir dulu, ntar klo udah dapet, aku posting di koment lagi yaa. 😀

  2. uphiet on

    paling gak bisa deh main tebak-tebakan 😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: