Apa panggilan bahasa anda untuk….

1a. Abang dari ayah (belum menikah)
1b. Abang dari ayah (sudah menikah)
1ba. Istri dari abang dari ayah
1bb. Anak dari abang dari ayah (lebih tua dari kita)
1bc. Anak dari abang dari ayah (lebih muda dari kita)

2a. Kakak dari ayah (belum menikah)
2b. Kakak dari ayah (sudah menikah)
2ba. Suami dari kakak dari ayah
2bb. Anak dari kakak dari ayah (lebih tua dari kita)
2bc. Anak dari kakak dari ayah (lebih muda dari kita)

3a. Adik laki-laki dari ayah (belum menikah)
3b. Adik laki-laki dari ayah (sudah menikah)
3ba. Istri dari adik laki-laki dari ayah
3bb. Anak dari adik laki-laki dari ayah (lebih tua dari kita)
3bc. Anak dari adik laki-laki dari ayah (lebih muda dari kita)

4a. Adik perempuan dari ayah (belum menikah)
4b. Adik perempuan dari ayah (sudah menikah)
4ba. Suami dari adik perempuan dari ayah
4bb. Anak dari adik perempuan dari ayah (lebih tua dari kita)
4bc. Anak dari adik perempuan dari ayah (lebih muda dari kita)


5a. Abang dari ibu (belum menikah)
5b. Abang dari ibu (sudah menikah)
5ba. Istri dari abang dari ibu
5bb. Anak dari abang dari ibu (lebih tua dari kita)
5bc. Anak dari abang dari ibu (lebih muda dari kita)

6a. Kakak dari ibu (belum menikah)
6b. Kakak dari ibu (sudah menikah)
6ba. Suami dari kakak dari ibu
6bb. Anak dari kakak dari ibu (lebih tua dari kita)
6bc. Anak dari kakak dari ibu (lebih muda dari kita)

7a. Adik laki-laki dari ibu (belum menikah)
7b. Adik laki-laki dari ibu (sudah menikah)
7ba. Istri dari adik laki-laki dari ibu
7bb. Anak dari adik laki-laki dari ibu (lebih tua dari kita)
7bc. Anak dari adik laki-laki dari ibu (lebih muda dari kita)

8a. Adik perempuan dari ibu (belum menikah)
8b. Adik perempuan dari ibu (sudah menikah)
8ba. Suami dari adik perempuan dari ibu
8bb. Anak dari adik perempuan dari ibu (lebih tua dari kita)
8bc. Anak dari adik perempuan dari ibu (lebih muda dari kita)


Kalau bisa, terutama dalam bahasa batak. Soalnya saya malu nih, orang batak tapi tak tahu adat. Hahaha. 😆

Bagi yang mau jawab bahasa lain (sunda, jawa, china, inggris) silakan saja. Cara menjawabnya, cukup cantumkan nomernya. Sebagai contoh:

1a = om
8a, 8b = tante

oke, terimakasih. Ditunggu ya 😀

Iklan

17 comments so far

  1. Wijoyo Simanjuntak on

    batak toba

    1b=bapatua/amangtua
    1ba=inangtua/mak tua

    3b=bapauda/amanguda
    3ba=inanguda

    4b=namboru/bou
    4ba=amangboru

    5a=tulang
    5b=tulang
    5ba=nantulang

    6b=inangtua/mak tua
    6ba=bapatua/amangtua

    7a=tulang
    7b=tulang
    7ba=nantulang

    8a=tante
    8b=inanguda
    8ba=bapauda/uda

  2. Huang on

    apaan seh ini? gak ngeh saya…

  3. echa on

    Astaga adeku iniii…kau marga Sitorus kan? Hahahaha…:D sama2lah kita, gatau adat juga, tapi setau kk si kalau kluarga2 dkat kaya gni, smoga ga salah..
    dang boi marhata Batak juga?

    1a.1b bapa tua
    1ba. Inang tua
    1bb.3bb.4bb Abang & kakak
    1bc.2bc.3bc.4bc ade /nama
    2a.2b.4a.4b Namboru
    2ba.4ba Amang boru
    2bb. Abang (pariban) & kakak

    Kalau dri pihak ibu, kakak rada error, soalnya mama org Ambon, walau udh diadatkan (jadi boru Hutahaean), dan punya kluarga angkat, tetep aja, g ngrti
    5a.5b Tulang
    5ba. nantulang
    6a.6b namboru
    6ba. Amang boru
    6bb. Abang & kakak
    6bc. Ade
    Kalau anak marga Pangaribuan, kakak akan panggil abang/kakak, biarpun lebih muda, karena marga Pangaribuan adalah abang dari marga Hutapea (marga kakak)
    Tips supaya panggilan ga salah kalau ktmu org Batak, entah kluarga dekat,1/2 dekat atau apapun, Tanya papa aja 😀 hehe
    Kalau dikeluarga mama (Ambon) so simple, panggil aja semuanya Oom Tante (abang/kakak mama, menikah/belum) sepupu2 yg lbh tua, kakak semua, yg lbh kecil, panggil nama semua…:D

  4. yoan sulistyo on

    buseeeetttt!!
    klo gwe sih pukul rata! om tante! :))

  5. mia lisbeth on

    aku jawab yang setauku aja yaa. ahahaha..
    oiya kalo di aku sih yang udah nikah ato belom sama aja manggilnya *cuma beda dalam hal pemberian angpao, wkwkwk*

    1a, 1b. papaku ga punya abang sih jd gatau, hehe, tapi katanya sih manggilnya a’cek/ tua cek (tua=paling besar=anak pertama)
    1ba. gatau juga, :p
    1bb. cici (kalo cewe), koko (kalo cowo)
    1bc. langsung panggil nama aja

    2a, 2b. gapunya juga, tapi spupuku sih manggilnya a’kow
    2ba. nah yang ini aku gatau juga
    2bb. cici, koko
    2bc. langsung panggil nama aja

    3a, 3b. n’cek (ini yang umum ga liat urutan, kalo yang liat urutan katanya ada a’cek (tua cek), ji cek, sa cek, dst)
    3ba. kurang yakin sih, n’cim gitu yah?? ahahaha gatau tah.
    3bb. cici, koko
    3bc. langsung panggil nama aja

    4a, 4b. gapunya juga jadi gatau
    4ba. gatau juga :p
    4bb. cici, koko
    4bc. langsung panggil nama aja

    5a, 5b. a’ku (lafalnya lebih ke a’kuh sih)
    5ba. jarang ketemu jadi lupa manggilnya apaa, hehehe.. a’kim (tua kim) kayanya deh.
    5bb. cici, koko
    5bc. langsung panggil nama aja

    6a, 6b. kalo kakak perempuan pertama manggilnya a’ih (tua’i), kakak perempuan ke-2 manggilnya ji’i, kakak perempuan ke-3 manggilnya sa’i,dst. (tergantung mama kita ada di urutan mana, selanjutnya katanya ada si’i, soi’i, dst)
    6ba. udah ngga ada jadi ga tau manggilnya apa
    6bb. cici, koko
    6bc. langsung panggil nama aja

    7a, 7b. ng’ku
    7ba. ng’kim
    7bb. cici, koko
    7bc. langsung panggil nama aja

    8a, 8b. ii (kalo ke bawah sih aku manggilnya ii semua, ga liat urutan adik keberapa)
    8ba. i’tioh (ada juga yang manggilnya n’tioh)
    8bb. cici, koko
    8bc. langsung panggil nama aja

    notes:
    -itu panggilan2 yang kupake, walo ada bberapa yang aku panggil om/tante juga abis udah kebiasaan *dan gatau juga manggilnya apa*, hehe
    -sebenernya kalo mau yang benernya sih pake istilah (dikasi tambahan ‘angka’ gitu) sesuai dengan urutan si om/tante kita itu anak keberapa, jadi langsung jelas silsilahnya dari panggilannya aja. contohnya, untuk sodara laki2 dari mama macem2 sebenernya manggilnya, ada a’ku (dari kata tua’ku, trus ada soi’ku, ji’ku, sa’ku, dst).
    -tambahan lg beberapa istilah yg kutau karena kupake, nenek manggilnya ema, kakek manggilnya engkong. adik cewenya nenek panggilnya ipo, tp aku gatau kalo ke suaminnya panggil apa, hehe. oiyah ada juga yang manggil nenek=popoh, kakek=kungkung. sama aja sih sebenernya. oiyah, nenek buyut manggilnya ema ocoh, kakek buyut manggilnya kong’coh (engkong ocoh). trus ada lagi panggilan buat istrinya kaka cowo kita, n’soh. nah, untuk panggilan laennya aku gatau tah. hehehe :p

    yah, gitu aja sih, kalo ada yang mau meralat ato menambahkan boleh sekaleee, aku juga masih banyak yang kurang tau nih. ahahaa..

    selamat berbingung-ria ya baang.. 🙂

  6. Sugeng on

    wah jauh2 di negeri orang tapi lupa nama tulang nya 😆
    aku gag ikut jawab karena aku di Bali tapi gag tahu bali balinya :mrgreen:

  7. aldo on

    lho?! halak kita rupanya mas bro?
    marganya apa lae?

  8. debhoy on

    dari segi cewe :
    1a. bapatua
    1b. bapatua
    1ba. inangtua
    1bb. ito
    1bc. ito

    2a. bou
    2b. inangboru
    2ba. amangboru
    2bb. pariban
    2bc. pariban

    3a. uda
    3b. bapauda
    3ba. inanguda
    3bb. ito
    3bc. ito

    4a. bou
    4b. inangboru
    4ba. amangboru
    4bb. pariban
    4bc. pariban

    5a. tulang
    5b. tulang
    5ba. inangtulang
    5bb. abang/kakak
    5bc. adik

    6a. inangtua
    6b. inangtua
    6ba. bapa tua
    6bb. kakak
    6bc. adik

    7a. tulang
    7b. tulang
    7ba. nantulang
    7bb. abang
    7bc. adik

    8a. tante
    8b. inanguda
    8ba. uda
    8bb. kakak
    8bc. adik

    mudah2an bener 😀

  9. tante sherly on

    sanggup ngapalinnya bang 😉

    tante mah nyerah deh 😦

  10. yudha bumijava on

    idem aja deh ….

  11. ghe on

    waduh detail amat yak……
    napa ga buka kamus aja? 🙂

  12. mikha_v on

    yuhuu sudah lumayan lengkap. Ntar saya susun ah 😛

  13. nadiafriza on

    lengkap banget mikh? kalo gw om tante aja manggilnya huhe

  14. sunflo on

    mendadak kepalaQ jadi pusing tuk ngejawabnya… balik dulu ke gurun, Mik.. 😦

  15. zao on

    1a,1b. pakde
    1ba. bude
    1bb, 1bc. mas/mbak

    2a, 2b. bude
    2ba. pakde
    2bb, 2bc. mas/mbak

    3a,b. paklek
    3ba. bulek
    3bb, 3bc. dek (bisa jg lgsg panggil nama)

    4a,b. bulek
    4ba. paklek
    4bb,4bc. dek (bisa jg lgsg panggil nama)

    5a,b. tulang
    5ba. nantulang
    5bb. kakak/abang
    5bc. ~ga tau :p

    6a,6b. inangtua
    6ba. bapaktua
    6bb. kakak/abang
    6bc. ~ga tau :p

    7a,b. tulang
    7ba. nantulang
    7bb,7bc. ~gw sih manggilnya langsung nama

    8a. tante
    8b. inanguda
    8ba. uda
    8bb. ~ga tau :p
    8bc. ~gw sih manggilnya langsung nama

  16. achoey on

    Wah banyak juga
    Saya kalo menjawab takut salah
    🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: