Pianica (Melodica)

Pianica” (“Melodica“), atau dalam bahasa indonesia “Pianika“, adalah sebuah alat musik yang mungkin tidak asing lagi bagi anak-anak Indonesia (karena dipakai saat SD dan SMP), namun cukup langka di tempat saya sekarang (USA).

Saya tidak membawa pianika saya ke sini. Untunglah Mrs. Laura berbaik hati meminjamkan pianika nya kepada saya (dia pun tidak tahu apa itu pianika, hanya saja saya tunjukkan, sehingga dia tertarik untuk membelinya).

Bagi yang belum tahu pianika, Pianika adalah alat musik tiup dan tekan.

  • Sebelum menekan tuts nya, kita harus meniupnya terlebih dahulu:
  • Kemudian, barulah tuts nya ditekan oleh tangan kanan supaya membunyikan nada (susunan tuts nya sama dengan piano)
  • Sementara tangan kiri memegang pianika nya (pegangannya ditunjukkan gambar berikut):

Nah, lalu, suaranya seperti apa? Suaranya mirip dengan Akordion. Untuk mendengarnya, langsung saja pada video berikut yang baru saya rekam:

Israel Houghton & New Breed – With Long Life (ft. T-Bone)

Reffrain:
With Long life,
You will satisfy me,
You will satisfy me,
with long life
(2x)

So I will praise You forever,
only You can satisfy

Verse:
When I call on, You will answer
When I fall, You will raise me up
I’m protected, by Your shadow
Your so good, Your so good to me
I will praise you forever

Rap:
You got to give all the glory
to the King of the Kings
And give honour and praise
for long life and blessings
Now raise your hands,
wave them up in the sky
and Glorify the Lord
for He’s the source of my life, sing
You are the source of my life
and hope and my life and hope is in You
You are the source of my life
and hope and my life and hope is in You

Bridge:
[I will live] I will live,
[and not die] and not die
[In your presence] In your presence,
[satified] satisfied
(3x)

[I will live] I will live
[and not die] and not die
You are the source of my life and hope
and my life and hope is in You

[I will live] I will live,
[and not die] and not die
[In your presence] In your presence,
[satisfied] satisfied
[I will live] I will live,
[and not die] and not die

You are the source of my life
and hope lover of my soul,
my future Holder, Daily sustainer,
Past redeemer, forever and ever and ever

Pianika ini cukup membutuhkan nafas yang kuat lho😀 .

12 comments so far

  1. indra1082 on

    niupnya saya bisa, tape tekannya gak bisa:mrgreen:

  2. sejenaksaja on

    padahal adik ku dulu sempat memainkan ini waktu dia masih TK

    tapi aku sama sekali belum pernah mencobanya heheheh😀

  3. Widi Adiana on

    Jadi inget waktu SMP. Waktu itu pianika juga digunakan untuk mengiringi lagu Indonesia Raya saat penaikan bendera Merah Putih. Kok di Amrik jarang ya…? padahal disini banyak yang jual, bahkan di toko buku pun ada.🙂

  4. tante sherly on

    hi hi hi ….
    tersenyum abis melihat video ini dari awal sampe akhir…
    seneng aja lihat jari2 babang memainkan pianika sambil ngebayang niupnya🙂
    juga lagu israel houghton yg ok banget🙂
    apalagi babang pas banget mengiringinya🙂

    asik deh🙂

  5. Huang on

    kemarin pas pindahan rumah, pianica saya kasih ke orang🙂

  6. dayu on

    besok konser lagi di rumah saya siang siang ya mikh !!!

    luv,
    d

  7. intan on

    Cia….kedengaran nggak tepuk tangan mami?

  8. depz on

    wahhh bisa kursus gratis nih😀

  9. frezyprimaardi on

    maenin jarinya saya bisa mas..tapi niup nya mending engga deh..mending saya maen piano aja..hahahaha

  10. peri01 on

    dari sd dulu yg aku bisa mainin cuma lagu ibu kita kartini hhehe
    salam mas mikha

  11. debhoy on

    aQ dl waktu SMP pernah jadi pemain pianika utk pawai drumband sekolah se kabupaten waktu 17 AGustus lho Mik😛

  12. mikha_v on

    @indra1082 & Frezy: kalian kebalikan ya. Yang satu bisa tiup tapi ngga bisa tekan, yang satu bisa tekan tapi ngga bisa tiup. Wah, jodoh nih! Prikitiw suit-suit😆😆

    @sejenaksaja: coba dong mba, asik lho

    @kang widi: kalo saya pas SD memainkannya. SMP, musik pengiring upacara hanya paduan suara😛

    @tante: padahal itu banyak salah2 juga sih😛

    @dayu: siapin recehannya ya😆

    @Mami: wah ngga. Kurang keras!😛

    @dep-Z: mari mari, kapan mau kursus?😀

    @peri01 & debhoy: kenapa ngga diterusin?😛


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: