Mengisi Air Galonan

Perbedaan mengisi air galonan di Indonesia dan di USA adalah, kalau di Indonesia, ada petugasnya yang mengantar pesanan galonan ke rumah-rumah. Tapi kalau di sini, kita sendiri yang mengisinya, ke tempat pengisian Photobucket. Bisa pada toko-toko belanja besar, atau pada kantor air minumnya sendiri.

Saya dan dedi, minggu lalu membawa semua galonan di rumah karena sudah habis:

Dan di manakah kami mengisi galonan itu? Kami mengisinya pada kantor Culligan (salah satu perusahaan air minum):

Dengan kecepatan agak pelan menempuh badai salju, terlihatlah pelang Culligan nya.

Dan untunglah Culligan nya buka Photobucket (memang jam kerja sih hehehe. Tapi siapa tahu saja libur karena badai salju?)

Alasan mengapa kami sering mengisi di kantor Culligan ini adalah…

Karena harganya paling murah dari semua toko! Photobucket

  • yaitu 25 US Cent / gallon. Dengan kurs hari ini (17 Desember 2009 , GMT -05.00), 1 US Dollar = 9470 Rupiah, maka 25 US Cent / gallon = (25/100)x9470= 2367,5 Rupiah / gallon
  • Berbeda dengan tempat pengisian ulang di toko-toko yang mematok harga 33-34 US Cent /gallon. Kalau dirupiahkan, sekitar (33/100)x9470= 3125,1 Rupiah/gallon
  • Maka, per gallonnya bisa hemat 8 US Cent/gallon, atau sekitar 757,6 Rupiah/gallon
  • Kami mengisi saat itu 16 gallon, maka total penghematan = 16 x 8 = 128 US Cent atau 1.28 US dollar. Dan kalau dirupiahkan = 757,6×16 = 12121,6 Rupiah. Atau kalau dibulatkan, dua belas ribu rupiah. Lumayan kan? Sudah bisa untuk uang makan sehari tuh kalau di Indonesia. PhotobucketPhotobucketPhotobucket
  • (Walau pernah juga sekali kejadian (sayangnya hanya sekali), kami  isi 10 gallon di salah satu toko grocery, tidak dikenakan biaya Photobucket).

Ini dia mesin pengisian ulangnya:

Kalau tidak mengerti, ya baca instruksinya di samping:

Kalau sudah mengerti, jangan ragu-ragu dan malu-malu untuk mengisinya:

Nah, ini lagi mengisi galonan yang 3 galon. Tapi, hanya ini 3 galonan yang kami punya karena satu lagi sudah bocor. Kontainer lainnya satu galonan. Untuk mengisi 1 galonan, harus baca petunjuknya juga:

Turunkan penyangganya:

Dan letakkan 1 galonannya di atasnya:

Satu galonan kami ada juga yang memiliki bermacam-macam bentuk dan warna:

Dan ada juga galonan yang bukan untuk air putih pada asalnya, tapi kapasitasnya satu galon:

Prinsip 3 jenis satu galonan ini hampir sama dengan prinsip kita yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”. Biarpun berbeda bentuk, warna kulit, tempat dibeli, lebar dan tinggi, tapi tetap satu galon! Photobucket


Nah akhirnya beres deh acara mengisi galon-galonan ini. Tapi sebelum berangkat, kurang afdol kalau isi kantornya juga tidak difoto. Saya hanya ambil sebagian sih (tidak berani memotret penjaganya, apalagi sampai masuk ke ruangan pegawainya). Dan bisa dilihat pada link berikut ini:


Setelah itu, kami mengangkutnya ke dalam mobil:

Oke, selamat tinggal Culligan..

Ah kok tulisannya jelek? Yang ini dong yang bagus Photobucket:

Sama-sama, tentu kami akan kembali lagi sayang. We love you, asal harganya jangan pernah naik. Kalau bisa lebih rendah Photobucket.

Sampai di rumah, “dispenser” langsung diisi lagi:

Tapi, ada satu kontainer yang membeku:

Nah lho? Bagaimana mencairkannya lagi? Hahaha.. Photobucket

Iklan

17 comments so far

  1. dezmon on

    Kalau di UUD kita pasal 33 disebut kalau bumi, air dan kekayaan alam lainnya dipergunakan….untuk rakyat. Namun sampai saat ini, air, listrik harganya mahal dan direncanakan akan dinaikkan lagi tahun depan. Saya pikir di Amerika air (minimal PDAM) gratis buat masyarakat.Ternyata sama saja dengan di republik ini:D
    O iya, di beberapa negara teluk (Timur Tengah) air dan listriknya gratis buat masyarakat, seperti di kota Tripoly, Libya.
    Di Bdg harganya 3rb-4rb rupiah,namun kalau sudah bermerk, nyampai 14 rb juga. Btw utk semua ukuran galon apa harganya sama??:p

  2. mikha_v on

    Namanya juga negara kapitalis, sesuka tokonya mau pasang harga air galonan berapa.

    Kalo air rumah, saya kurang tahu berapa harga per bulannya ya?

    Tapi dengan UMR USA 7 dollar / jam (kalo sehari 8 jam, sebulan 20 hari), penghasilan kotor per bulan bisa 11 juta rupiah. Saya pikir tak masalah harga gallonan segitu.

    Mindsetnya harus diubah dulu mas. Saat pertama saya ke sini, masuk toko serba 1 dollar an, rasanya sudah mahaaal sekaliiii karena mindsetnya masih rupiah 😀

    Semua ukuran galon, harga sama, 25 sen/gallon untuk refill. 😀

  3. antokoe on

    ternyata harganya gak beda jauh ama yng disini…

  4. elia|bintang on

    kalo 2300-an per galon sih murah ya.. kirain kalo disana tuh kebutuhan hidup lbh mahal dari sini. ternyata murah juga ya

    salam kenal yah! :mrgreen:

    • mikha_v on

      yaaaa untuk biaya hidup memang lebih murah di Indonesia dong. Tapi, kalo di USA ini tergantung di kota mana dulu tinggal nya? Kalo di kota-kota besar, ya mahal sekali. Tapi kalo kota-kota kecil, relatif murah.

      Dan jangan lupa, UMR di USA itu minimal 7 dollar/jam (70 ribu rupiah/jam).

  5. dobleh yang malang on

    emang klaga jauh beda y….soalnya belum pernah nich heheh.
    salam hangat selalu

    • mikha_v on

      sama-sama mas hehehe 😀

  6. uliana on

    Waaah…jadi ingat….itu kan juga tugas Mama dulu bersama Babang….he…he…..kapan Mama bisa bertugas lagi seperti itu ya….?

    • mikha_v on

      Mama waktu itu mau ke WC. Saat berikutnya ke situ lagi, di meja kasirnya sudah dipasang “no public restroom”. 😆

      Tapi saat pernah, babang mami dedi datang, biasalaaaaah si mami selalu pipis di manapun berada. Jadi langsung turun ke mobil tanya ke kasir, “do you have restroom”? Babang langsung bilang, “lihat dong kertas itu! No public restroom!”
      Tapi si kasir nya akhirnya bilang, “okelah kalo begitu” 😆

  7. Huang on

    bukannya gak boleh make galon isi ulang ya??
    kayak botol Aqua kan itu cuma sekali pake.

    • mikha_v on

      idealnya sih begitu. Soalnya, orang di USA ini rata-rata minum air putih langsung dari keran. Tidak banyak yang pakai galonan.

      • Huang on

        bukannya dari keran gak steril??

        oh jadi inget kayak langsung dari patung anak kecil yang sedang pipis itu yaaa… hahahahaha

      • mikha_v on

        Yang mana yah itu? 😆

  8. bocahbancar on

    Wah wah wah self service nich ceritanya….

    Mandiri amat yakk…. 😀

    • mikha_v on

      ya namanya juga USA, negara DIY (do-it-yourself) 😀

  9. sejenaksaja on

    wahh kerennnnn….

  10. uliana on

    Ohhh…begitu rupanya cerita Mamih?Sepertinya memang heboh kalau ada Mama dan Mamih jalan bareng dalam satu mobil….kerjanya mikir…dimana pemberhentian selanjutnya ya….?soalnya karena sudah terasa lagi pingin pipis…he…he….makanya gak heran Mamih Babang bertanya ke kasir….untunglah belum sempat lihat kertas pengumumannya ya….?he…he….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: