Bereksperimen Dengan MIDI

Sebagian teman-teman mungkin sudah tahu apa yang dimaksud dengan MIDI Photobucket.  Bagi yang tidak mengerti,  yah lihat-lihat saja lah fotonya hehehe Photobucket. Tapi bagi yang ingin mengerti, bisa tanyakan langsung kepada saya melalui chat, karena penjelasannya agak panjang (sebenarnya MIDI itu sering kita jumpai lho, misalnya pada nada dering telepon genggam Photobucket).

MIDI Editor favorit saya adalah Cakewalk Pro Audio 9. Program tahun 2000 ini memang agak kuno, karena sekarang sudah versi Cakewalk Sonar. Tapi, selain harganya mahal, saya masih lebih suka interfacenya Cakewalk Pro Audio 9.

Sebenarnya, saya tidak terlalu sering memakai MIDI editor. Hanya apabila ingin berlatih lagu-lagu yang sulit (saya cari dahulu MIDI nya), atau membuatkan partitur musik untuk partner bermusik saya yang tidak bisa play-by-hear. Tahun lalu, saya sempat membeli Cakewalk USB Music Pack (sudah termasuk kabel MIDI-To-USB), tapi hampir tidak pernah memakainya.

Nah, hari Senin mendatang ini, kami (saya dan ortu dan Vano) diundang acara Natalan keluarga Kling. Mereka ingin kami membawakan lagu-lagu natal. Ada yang akan kami nyanyikan, ada juga yang instrumental saja. Sepertinya, saatnya saya bereksperimen dengan peralatan MIDI ini:


Beberapa lagu dari buku partitur ini (Christmas With Style: 10 Carrol Arrangements for the Piano), saya “salin” not-not nya ke Cakewalk:

(klik pada foto untuk memperbesar)

Setelah selesai menyalinnya, saya tambahi aransemen strings nya. Jadi ada suara strings dan piano. Kemudian dengan kabel Cakewalk MIDI-To-USB tadi, saya sambungkan laptop saya ke keyboard:

(efek potongang yang tak sengaja tercipta karena lensa kameranya
ternyata belum sepenuhnya terbuka)

Ujung pertama, tentu disambung ke Keyboard nya.

Dan ujung kedua, tentu ke laptop saya.

Sehingga, pada saat saya play file MIDI yang sudah saya buat, suaranya keluar di keyboard. Sehingga lagi, saat lagunya bermain otomatis pada keyboard, saya bisa main alat musik lain, misalnya recorder (seruling).

  • Sebenarnya saya tidak perlu menyalin partitur lagunya ke Cakewalk. Cukup saya mainkan di keyboard, dan Cakewalk akan merekamnya. Tapi, agak sulit juga yah bisa benar-benar pas memainkan keyboardnya hahaha. Jadi, saya pilih cara manual saja.
  • Lagu MIDI tadi bisa saja dimainkan di komputer. Tapi tahu sendiri kualitas suara “Microsoft GS Wavetable Synth” Photobucket. Memang tidak jelek-jelek amat, tapi untuk tampil, lebih bagus suara keyboard.
11 comments so far

  1. yugie on

    justru menghasilkan gambar yang bagus mik, coba kalo sekali lagi kaya gitu bisa ga? hihihi

    http://yugie.wordpress.com

  2. ciput mardianto on

    mantabs nih, midi hasil kreasinya di share ya

    • mikha_v on

      biasa saja kok mas, MIDI nya juga saya salin kok dari partitur 😀

  3. bocahbancar on

    HHmm..Mantapss dech mas…
    Banyak bereksperimen kegiatan2 yang positif, kalo saya, Hhmm..ngapain ya… eksperimen dengan masalah sosial saja 😀

    Salam semangat selalu dari sabahatmu di Bandung… 🙂

  4. irdra Firstyadhika on

    hehehe.. keren2!

    eh tapi mikh, cakewalk sonar cuma 50rb di sini =)) =)) =))

    mau dikirimin? 😀

    • mikha_v on

      😆 😆 😆

      Boleh2, yang versi studio ya! 😀

      Tp kw kan mac? Bukannya kalo mac pakai propeller head reason itu yah?

  5. Domba Garut! on

    Wah boleh dong ikut berguru yah.. pasalnya kita juga baru belajar MIDI dan coba2 bikin podcast.

    Seneng udah bisa mampir kesini, salam hangat dari afrika barat!

    • mikha_v on

      wah kalo mau berguru, sama yang komentar di atas mas ajah (pak Dhika). Dia sudah punya studio band, radio, dan mac lagi. Ahli banget deh mas hehehe. Saya juga masih pemula untuk persoalan synthesizer. Kecuali kalo menyalin not saja, saya bisa 😀

      Di mana podcastnya? Afrika Barat? woww 😀

  6. tante sherly on

    Canggih!


Tinggalkan Balasan

