Clean Install sudah selesai (part 2)

Apabila yang sebelumnya sudah selesai clean install windows nya, sekarang saya sudah selesai “clean install” seluruh program-programnya (ini dia yang sangat perlu waktu hehehe). Jadi, laptop saya sudah bisa digunakan “seperti biasanya”, dan tentu saya pun bisa nge-blog kembali dengan normal Photobucket. Berikut beberapa foto proses clean install ini:

Naah sebelum clean install dilaksanakan, tentu harus selamatkan data-data dulu dong. Untung saya punya Harddisk External, Maxtor Onetouch 4 640GB (pamer nih ceritanya Photobucket). Dengan ukuran sebesar ini, apa saja masuk deh.

116_3189

Di dalam tas inilah saya menyimpan seluruh software yang saya beli dalam format CD, termasuk CD back-up nya Windows. Terus mengapa labelnya National Geographic? Ini adalah bonus karena saya membeli buku The Biblical Word dari National Geograpic Store (lebih tepatnya dibelikan tante) Photobucket. CD software yang saya beli dan terutama CD back-up nya Windows merupakan “aset” yang penting Photobucket, sehingga saya tidak meletakkannya pada rak CD, melainkan pada tas ini supaya rapih dan gampang dicari apabila dibutuhkan.

116_3190

Ini isinya, lumayan banyak kan? Karena ada beberapa yang pakai buku manualnya juga.

116_3194

Ini CD back-up nya. Saat saya membeli laptop di toko Best Buy, saya minta tolong dibuatkan CD ini nya kepada Geek Squad (sejenis servis komputer yang bersatu dengan toko Best Buy). Akhirnya terpakai juga deh CD nya. CD back-up memang sangat vital bagi mereka yang komputernya bersistemoperasi Windows.

116_3195

CD nya ada 2 buah. Ehem ehem, model nya boleh juga tuh??? Photobucket

116_3211

Ini tampilan boot-up back-up nya.

116_3214

Siap-siap proses Restore to Factory Default.

116_3222

Copying Files…cukup lama Photobucket

116_3223

First time? First time after clean install..haha.. Photobucket


Dan, ini semua list Software di luar bawaan Windows & Acer yang saya pakai beserta sedikit penjelasannya (saya susun berdasarkan abjad). Yang Freeware dulu ya, orang Indonesia kan suka yang gratis-gratis Photobucket:

  • CCleaner. Untuk membersihkan temporary files baik pada Windows maupun pada browser. Juga untuk membersihkan registry dari error.
  • Comodo Personal Firewall & Antivirus. Ini adalah firewall gratis terbaik versi matousec. Pemakaian system resource nya pun sangat rendah apabila diperbandingkan dengan ZoneAlarm free firewall (yang dulu merupakan firewall favorit saya) dan sudah termasuk antivirus. Tapi saya tidak sarankan untuk pemula karena penjagaannya yang bersifat rule-based.
  • E-Sword Bible. Software alkitab favorit saya. Memiliki plug-in alkitab bahasa Indonesia (versi TB dan BIS), dan juga berbagai versi alkitab bahasa inggris yang gratis. Bisa di-set agar dapat membaca paralel 4 alkitab sekaligus.
  • Fastone Photo Resizer. Sangat berguna untuk mengecilkan foto-foto dari kamera digital, dan meng-upload-nya ke blog. Bisa juga untuk me-rename kumpulan foto dalam satu folder dari nama aneh-aneh menjadi nomer berurut.
  • Itunes. Saya pakai ini apabila ingin membeli beberapa album Indonesia (sejauh ini baru satu sih hehe).
  • IZarc. Program kompresi sejenis WinZip dan WinRar. Kelebihannya? Freeware! Dukungan formatnya juga tidak kalah dari mereka. Hanya saja interfacenya agak kompleks untuk pemula.
  • Malwarebytes Anti-Malware. Versi gratisnya memang tak ada real-time protection, jadi harus scan secara rutin. Tapi, cukup membantu juga lho dalam mencegah malware.
  • MP3 Tag. Sangat membantu dalam mengorganisasi koleksi MP3 dan meng-edit tag secara massal.
  • QuickTime Player. Hampir tidak pernah pakai ini sih, hanya saja perlu untuk program-program lainnya.
  • Skype. Sejenis instant messenger. Walau belum sepopuler Yahoo Messenger, kualitas suara, webcam, dan transfer file nya lebih baik (berdasarkan pengalaman saya).
  • SuperFast Shutdown. Saya pakai apabila dalam kondisi “darurat”. Sangat cepat langsung shutdown lho.
  • Zune. Perlu karena MP3 Player saya merk Zune.

Kemudian, beberapa software berikut yang saya beli.  Original lho, karena tidak ada yang jual CD software bajakan di sini:

  • AVS Audio Editor & AVS Audio Tools. Audio Tools sudah termasuk format converter. Cukup berguna untuk mengubah format satu file lagu ataupun menurunkan kualitasnya untuk ditransfer.
  • Cakewalk Music Creator. Saya punya yang versi 3. Saya tertarik karena sudah termasuk kabel USB to MIDI. Keduanya belum betul-betul saya gunakan sih. Saya masih lebih sering memakai Cakewalk 9 (bajakan, soalnya sudah tak dijual lagi yang original) untuk pengeditan file-file MIDI.
  • Cyberlink Power Director. Program Video Editor untuk Windows terbaik versi TopTen Reviews. Dari camcorder, masuk ke komputer, kemudian baru diolah dengan program ini. Bisa ditambah berbagai efek dan lain lain. Barulah masuk ke Youtube (seperti yang bisa dilihat pada Youtube saya, hampir semuanya saya edit dahulu dari program ini, barulah saya upload), atau bisa dijadikan DVD Video.
  • Diskeeper. Ini adalah program defragmentasi OTOMATIS untuk hard disk. Sangat membantu sekali dalam system performance, terutama saat melakukan video editing. Saya punya yang versi 2008.
  • Notation Musician. Program ini sangat bagus untuk mem-print dari MIDI ke partitur. Notnya rapih dan tidak berantakan. Saya pakai ini untuk mengajari beberapa teman saya piano jazz dasar, atau membuat partitur untuk teman pemusik saya yang belum bisa play-by-hear.

Jadi kebayang kan butuh waktu agak lama untuk instalasi semuanya kembali? Hehehe..mungkin saya harus buat CD backup semuanya itu agar apabila sewaktu-waktu harus clean install lagi (dan tentu tidak diharapkan 😀 ) bisa langsung install semuanya. Atau, ganti operating system saja kah? Mana mungkin sih karena ini laptop. Tapi, saya hendak coba-coba dulu Linux pada satu PC tua yang tidak terpakai. Oke, sekian liputan Clean Install total nya.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

