DC-10, MD-11, L1011

Diskusi singkat mengenai hal ini dimulai saat saya menanyakannya di wall facebook saya.

01

Dan diikuti oleh beberapa teman saya yang menanggapinya:

0203040506


Bagi yang belum tahu apa itu DC-10, MD-11, maupun L1011, mereka adalah pesawat penumpang yang memiliki 3 mesin. Dua terletak di sayap, masing-masing kanan dan kiri, dan satu terletak di ekor atas belakang (rudder).

Masih tidak paham? Langsung saja lihat gambarnya ya (semua saya google hehehe).

1. Ini yang disebut DC-10

DC-10

Lihat baik-baik posisi mesinnya. Satu di sayap kiri, satu di sayap kanan, dan satu lagi di ekor atas belakang.

DC10blueprint

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat skema di atas.


2. MD-11. Apa bedanya MD-11 dari DC-10? Perhatikan baik-baik gambar di bawah ini yang saya beri panah dan lingkaran:

MD-11

Sayapnya mempunyai winglet. Sesuai yang dijelaskan teman saya, membantu aerodinamika pesawat.

MD11blueprint

Dan apabila ingin lebih jelas, bisa lihat skemanya di atas.


3. L1011. Pesawat ini juga persis dengan DC-10 Maupun MD-11. Tapi apa yang membedakan beliau dengan mereka???? Coba lihat baik-baik dan sangat teliti foto di bawah ini:

L1011

Belum ditemukan perbedaannya? Baiklah, saya tampilkan sketsa mesin belakangnya:

SDUCT

Mesin belakangnya tidak lurus, melainkan membengkok ke bawah. Ini yang membedakannya dari DC-10 dan MD-11

Oke, sekian pembahasan 3 pesawat identik ini. Saya harap teman-teman tidak pusing 😀

1 comment so far

  1. dj martha on

    weleh.. weleh… sip bener bro…

    jadi bisa bedain minimal dari liat gambar tau lah bedanya meskipun secara detail ndak tau banget…

    tks bro untuk informasinya… lanjuttttttt


Tinggalkan Balasan

