Satuan & Alkitab: Talenta

Tentu teman-teman tahu kisah 3 orang hamba yang diberi talenta berbeda dari tuannya. Berikut, saya kutip dari alkitab.

Matius 25:14-30 (TB):

14 “Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.

15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

16 Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta.

17 Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta.

18 Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya.

19 Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka.

20 Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta.

21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

22 Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta.

23 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

24 Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata: Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam.

25 Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan!

26 Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam?

27 Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya.

28 Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu.

29 Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

30 Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.”

Saya berpikir, apa memang benar satu talenta itu kecil? Saya kurang bisa membayangkan satu talenta itu sebesar apa. Oleh karena itu, saya mencoba untuk memperbandingkan beberapa versi alkitab.

Matius 25:15

CEV: The man knew what each servant could do. So he handed five thousand coins to the first servant, two thousand to the second, and one thousand to the third. Then he left the country.

GNB: He gave to each one according to his ability: to one he gave five thousand gold coins, to another he gave two thousand, and to another he gave one thousand. Then he left on his trip

GW: He gave one man ten thousand dollars, another four thousand dollars, and another two thousand dollars. Each was given money based on his ability. Then the man went on his trip.

BIS: Kepada setiap pelayan itu ia memberi menurut kesanggupan masing-masing. Kepada yang seorang ia memberi lima ribu uang emas. Kepada yang lainnya ia memberi dua ribu uang emas. Dan kepada seorang lagi ia memberi seribu uang emas. Lalu ia berangkat.

TM: To one he gave five thousand dollars, to another two thousand, to a third one thousand, depending on their abilities. Then he left.

Jadi kira-kira 1 talenta itu kira-kira setara dengan:

  • 1000 koin (CEV)
  • 1000 koin emas (GNB)
  • 1000 uang emas (BIS)
  • 1000 dollar (TM)
  • 2000 dollar (GW)

Ternyata satu talenta itu besar ya Photobucket! Sayang sekali hamba ketiga menyia-nyiakan talenta sebesar itu Photobucket.

Apabila dipikir-pikir, “satu talenta” itu bisa dipakai usaha apa ya untuk sekarang? Photobucket

Iklan

4 comments so far

  1. tutu1ng on

    hmmmm,

    dagang tjink tjao???

    ato bikin warnet?

    :mrgreen:

    • mikha_v on

      warnet bisa juga sih. Tapi kalo di USA, aQ belum pernah lihat warnet 😀 .

  2. uliana on

    Wah…untuk yang dikasih banyak,harus punya jiwa bisnis baru untung besar…kalau gak punya jiwa bisnis,mau menjalankan uangnya juga takut,penuh perhitungan,makanya Tuhan kasih lebih kecil.
    Jadi rugi sekali kalau dikasih modal tapi tidak dipakai….
    Paling tidak taruh saja di Bank,kan lumayan dapat bunganya…

  3. David on

    Free Download Theme Song / Lagu KKR Army of God & Asia For Jesus – Surabaya

    Download Gratis Lagu Army of God, yang merupakan theme song dari KKR
    Army of God yang di laksanakan di Bandara Juanda Lama – Surabaya pada Tanggal
    14 – 16 May 2009. Kiranya lagu ini dapat memberkati siapa saja yang
    mendengarkannya. God Bless You.
    Download Gratis di http://www.ziddu.com/download/5519943/ArmyofGod.zip.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: