Inklinasi-Deklinasi Bumi: Penyebab 4 Musim & DST

Apa itu DST?

Mengapa jam di USA maju-mundur?

Mengapa musim di USA ada 4?

…termasuk pertanyaan-pertanyaan yang sangat sering ditanyakan kepada saya. Penjelasannya cukup panjang dan terkadang saya lelah harus menerangkannya berkali-kali Photobucket. Apalagi sebagian teman saya terkadang sudah lupa penjelasannya, sehingga mesti siaran ulang Photobucket. Sebenarnya sudah lama saya ingin menuliskannya di blog, namun bingung mau membahasnya bagaimana?

Dan akhirnya saya ingat, saya punya “senjata” yang sangat ampuh untuk menjelaskan sesuatu yang kompleks: Papan tulis dan spidol warna-warni! Oke, silakan disimak saja penjelasan saya:


Catatan: Klik pada masing-masing gambar untuk memperbesar

Periode: Sekitar Maret – September

A. Penjelasan Kondisi:

  • Kutub utara bumi agak “belok”, mendekati Matahari.
  • Kutub selatan yang jadi menjauh.

B. Pengaruh pada daerah Utara bumi:

  1. Kutub utara mengalami siang selama 6 bulan
  2. Negara sebelah utara (Canada, USA, Benua Eropa)
    mengalami Musim Semi & Panas Photobucket
  3. Negara sebelah utara memiliki
    siang hari lebih lama daripada malam hari

C. Pengaruh pada daerah Selatan Bumi:

  1. Kutub selatan mengalami malam selama 6 bulan
  2. Negara sebelah selatan (Australia, Afrika Selatan)
    mengalami Musim Gugur & Dingin Photobucket
  3. Negara sebelah selatan memiliki
    malam hari lebih lama daripada siang hari

Periode: Sekitar September – Maret

A. Penjelasan Kondisi:

  • Kutub selatan bumi agak “belok”, mendekati Matahari.
  • Kutub utara yang jadi menjauh.

B. Pengaruh pada daerah Utara bumi:

  1. Kutub utara mengalami malam selama 6 bulan
  2. Negara sebelah utara (Canada, USA, Benua Eropa)
    mengalami
    Musim Gugur & Dingin Photobucket
  3. Negara sebelah utara memiliki
    malam hari lebih lama daripada siang hari

C. Pengaruh pada daerah Selatan Bumi:

  1. Kutub selatan mengalami siang selama 6 bulan
  2. Negara sebelah selatan (Australia, Afrika Selatan)
    mengalami Musim Semi & Panas Photobucket
  3. Negara sebelah selatan memiliki
    siang hari lebih lama daripada malam hari

Silakan dibaca secara teliti dan cermat. Terutama sekali point nomer 3, karena itu yang akan kita bahas berikut ini:


Daylight Saving Time (DST)

Penjelasan saya kali ini mungkin tidak sepenuhnya seperti penjelasan ilimiah. Namun, saya mencoba mengemas nya supaya bisa dimengerti orang awam:

  • Tanya: Apa itu Daylight Saving Time (DST)?
  • Jawab: Pemajuan atau pemunduran waktu pada negara & zona waktu tertentu. Biasanya, yang lokasinya berada pada daerah subtropis Photobucket.
  • Tanya: Apakah USA juga memiliki sistem DST?
  • Jawab: Tentu saja, pada 6 dari 15 zona waktu di USA, menerapkan sistem DST (15 zona waktu itu sudah termasuk Hawaii, Alaska, dan Minor Outlying Islands seperti Puerto Rico, Guam, dll).
  • Tanya: Apakah anda tinggal di salah satu zona waktu ber-DST?
  • Jawab: Ya! Saya tinggal di zona waktu EST (Eastern Time Zone) Photobucket.
  • Tanya: Apa yang melatar belakangi adanya DST ini?
  • Jawab: Silakan baca semua Point nomer 3 di penjelasan sebelumnya.
  • Tanya: Seperti apa sebenarnya penerapan DST ini? 39
  • Jawab:
    • Pada pertengahan musim gugur, 6 zona waktu di USA mundur 1 jam
    • Pada pertengahan musim semi, 6 zona waktu di USA maju 1 jam
  • Tanya: Wah, kalau maju-mundur begitu, bingung dong? 13
  • Jawab: Saya memang bingung setengah mati saat pertama mengalami ini. Setengah percaya setengah tidak. Akhirnya saya percaya juga setelah lihat internet. Kalau orang yang sudah lama tinggal di USA, sama sekali tidak kebingungan Photobucket.
  • Tanya: Anda sendiri, pernah terganggu di saat pergantian waktu?
  • Jawab: Saya pernah punya satu pengalaman konyol gara-gara tidak mencatat tanggal maju nya jam.Saat itu di sekitar musim semi 2008, saya bergereja di Lutheran Church. Lutheran memiliki 2 ibadah: 08.00 ibadah tradisional, 10.30 ibadah kontemporer. Mami saya datang yang pagi, sedangkan dedi & saya datang sekaligus pelayanan musik pada ibadah kontemporer. Tim musik selalu latihan pukul 09.30, atau dengan kata lain 1 jam sebelum ibadah. Saya sendiri bangun biasanya jam 08.30.Pemajuan atau pemunduran jam selalu dilakukan pada hari Minggu. Namun, saat itu, tidak ada yang sadar bahwa di hari itu waktu baru saja dimajukan 1 jam. Saat mami pulang dari ibadah pagi, mami langsung bilang kepada saya bahwa jam sudah dimajukan! Tapi dasar saya agak malas, saya tetap saja tidur sampai pukul 09.20 (baca: 10.20) 78. Sampai akhirnya saya bangun, ditelepon tim musik, dan secepat kilat siap-siap dan berangkat ke gereja Photobucket.
  • Tanya: Sebenarnya, seberapa signifikan pengaruh point nomer 3 pada zona waktu anda?
  • Jawab: Cukup signifikan. Estimasi nya kira-kira begini:
    • Pada musim panas, matahari terbit 06.00, terbenam 22.00
    • Pada musim dingin, matahari terbit 08.00, terbenam 17.00
  • Tanya: Wow, perbedaannya cukup jauh ya! Apakah karena hal tersebut maka DST diterapkan?
  • Jawab: Ya. Di musim panas, saya lihat anak-anak kecil masih main di luar rumah pukul 21.00 itu  sudah biasa 69. Karena matahari masih ada kan?. Ibaratnya, masih “sore hari”. Namun, bukan itu faktor utama diterapkannya DST.
  • Tanya: Boleh dijelaskan apa alasan utama penerapan DST?
  • Jawab: Itu untuk faktor penghematan listrik.
  • Tanya: Lho??? Apa hubungannya waktu dengan listrik?
  • Jawab: Ini berlaku terutama pada musim dingin. Coba kalau misalnya waktu tidak dimundurkan 1 jam. Matahari terbit jam berapa?
  • Tanya: Sekitar pukul 09.00 pagi.
  • Jawab: Kalau misalnya, sekolah dan kerja masuk pukul 08.00, sedangkan matahari terbit pukul 09.00, bukankah penggunaan lampu akan lebih banyak?
  • Tanya: Ya jelas dong! Karena, misalnya saya bangun pukul 07.00, masuk kerja pukul 08.00  sedangkan matahari belum terbit, maka dari pukul 07.00-09.00 saya akan memakai lampu pada rumah, mobil, dan kantor saya Photobucket.
  • Jawab: Nah, kalau lebih banyak memakai lampu, bukankah pemakaian listrik lebih banyak?
  • Tanya: Wah, betul juga ya.
  • Jawab: Itu sebabnya waktu di musim dingin dimundurkan 1 jam, supaya matahari terbit “lebih cepat”, sehingga sedikit yang memakai lampu, berakibat pemakaian listrik juga lebih sedikit. Dan hal ini juga sudah terbukti lho!
  • Tanya: Satu lagi pertanyaan nih. Apakah semua negara di daerah subtropis menerapkan DST?
  • Jawab: Tidak semua, tergantung kebijakan negara. Sebagai contoh, dulu Jepang pernah menerapkan DST, sekarang tidak lagi.

  • Tanya: Terimakasih penjelasannya ya! Photobucket
  • Jawab: Terimakasih juga atas pertanyaannya. Lumayan, menambah posting blog saya (walau agak telat terbitnya)

Sekian penjelasan saya. Semoga, teman-teman mengerti mengapa di USA ada 4 musim dan apa itu DST. Apabila kurang memuaskan, bisa tanya ke beberapa link referensi berikut:

4 comments so far

  1. arman on

    waaaa niat banget mik bikin penjelasannya.. hehe
    great job! :D

  2. intan on

    Yah jd ingat lagi masa2 nggak bisa pergi kebaktian bersama, harus ada yg jaga gawang di rumah buat supervisor si Obama, si Mc Cain, si torek, si kecil dan si nini.

  3. uliana on

    Ha…ha…pengalaman konyol waktu Babang mau ke Lutheran lucu…gak kebayang Babang mandi secepat kilat….berapa menit harus sudah ada di Gereja…untung jaraknya dekat,tapi musim dingin kan rasanya jauh juga yaa….
    Koment Mam juga lucu….masih ingat jelas mereka2 yang punya nama alias masing2….apa kabar mereka sekarang yaa…?

  4. cece on

    em…. mengerti :D


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

