Belajar (dan Mengajar) Ukulele

Sekedar mengingatkan saja supaya anda tidak lupa (atau bagi yang belum tahu), saya mempunyai teman yang bernama Mrs. Laura. Dia sudah 20 tahun mengajar sebagai guru musik Elementary School (baca: Sekolah Dasar). Dia memang sudah pensiun, tapi sekarang melatih untuk ekstrakulikuler musik di Elementary School Photobucket.

Dia meminta bantuan saya dalam melatih anak-anak yang ikut ekstrakulikuler ini. Tidak terlalu banyak sih, hanya 5-10 anak. Kalau tahun lalu saya diminta membantu melatih Recorder (bisa dibaca di: SINI), sekarang sudah ganti alat musik menjadi Ukulele Photobucket.

Ukulele mirip dengan gitar, hanya saja ukurannya lebih kecil dan lebih pendek. Senarnya juga hanya 4.

Walaupun saya bisa bermain gitar sejak dahulu, tapi saya belum pernah mencoba ukulele Photobucket .

Tapi sebenarnya kalau teman-teman sudah bisa main gitar, maka ukulele tidaklah terlalu sulit 113. Walaupun tangan saya besar, tapi saya bisa memainkannya:

Ini akor C ↑

Sedangkan yang ini, akor G7 ↑.

Dua akor itulah yang baru diajarkan Mrs. Laura kepada anak-anak. Untuk akor C, sepertinya tidak susah. Tapi untuk akor G7, anak-anak butuh sedikit usaha untuk belajarnya. Yang sulit mungkin adalah transisinya, belum semua bisa dengan lancar.

Tapi sekalipun baru bisa 2 akor, sudah bisa memainkan lagu lho Photobucket. Tadi mereka belajar 4 lagu Photobucket. Dan minggu depan, akor baru akan menanti. Apa kira-kira ya?

20 comments so far

  1. dian on

    Wah, saya belajar gitar dari jaman SMA sampe sekarang masih mentok di lagu Dona Dona terus…
    Ukelele kayak gitar mainan anak saya ya?
    Imut..

  2. liudin on

    saya malah nggak bisa kalo di suruh maen ukelele. klo gitar bisa cuma genjrang-genjreng doank, soalnya udah 7 tahun akrab ama gitar tapi belum bisa maen kayak yang di tp-tp mas

  3. bluethunderheart on

    lama tak dapat kabarmu
    salam hangat dari blue

    wah ajarkan blue dong………

  4. uliana on

    Wah…lucu alat musiknya ya….cocok untuk anak2 soalnya seperti mainan sih….Mama jadi ingat Guitar Heronya Ade….:)

    • mikha_v on

      haha…di KBP kan ada, masih main ngga? :lol:

  5. antokoe on

    dari dulu pengin belajar gitar tapi kok kayaknya susah banget… jadi lebih enak jadi pendengar yang baik aja…

    • mikha_v on

      memang pada awal-awal, jari sakit mas :D

  6. arman on

    abis C, G7, selanjutnya ya F… :)

    • mikha_v on

      Iya sepertinya. Karena itu 3 chord fondasi hahaha.
      Saya sih inginnya belajar Am, Dm, G, C

      Biar bisa main lagu “Lupa-Lupa Ingat”. Hahaha :D

  7. Nur Ali Muchtar on

    berarti, maen gitar dulu or ukulele dulu ya hirarkinya?

    • mikha_v on

      Ya seharusnya gitar dulu yah :D Soalnya kalo sudah bisa gitar, akan lebih gampang pindah ke yang lain. Misalnya, pindah ke Ukulele, Mandolin, Gitar Bass, gitar 7 senar, dan sejenisnya.

  8. uliana on

    Waduh…Mama juga dari dulu belajar gitar gak tamat2 tuh….sama kayak yang namanya “dian”…

  9. nadiafriza on

    seneng banget sih mikhaa bisa main alat musik.. organ gw udah ancur2an nih. pak peter sedih kali yaa kalo tau haha

  10. fera ntu lima on

    wahhh, kok cma dua c?
    gmna buat ngiringin lagu bengawan solo?

  11. DAYAK PERMAI on

    walaupun kecil tpi bs membuat orng bergoyang.

  12. bagus setiaji/XI-IA1 on

    yoii j

  13. suyitno on

    Saya pengin balajar ukulele, kemarin saya beli kok jumlah senarnya cuma 3 aja. Terus cara nyetemnya gimana ya? Tolong dong saya diajari…

  14. mikha_v on

    kalo nyetem ukulele..hmm mesti punya alat tuner nya om. Kecuali kalo telinga om sudah tajam (bisa menangkap nada langsung), maka setemannya (Dari senar atas ke bawah): G-C-E-A

  15. yosa on

    kalo senar ukulelenya cuma 3 akornya sama ga’ ?


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

